Home » » Salim Maula(budak yang dimerdekakan) Abu Khudaifah

Salim Maula(budak yang dimerdekakan) Abu Khudaifah

… Sekiranya Salim masih hidup, niscaya aku percayakan..(Umar bin Khottob)

Nama lengkapnya Salim bin Mu’qil. Biasanya dipanggil Abu Abdullah. Asal keturunan bangsa Persia. Dulunya, beliau adalah hamba sahaya kepada Khudaifah bin Itbah. Kemudian Khudaifah memerdekakan dan menjadikan sebagai anaknya. Setelah adopsi anak (memungut anak dan mewarisinya) tidak dibolehkan dalam Islam, Salim menjadi budak yang dimerdekakan oleh Abu Khudaifah bin ‘Utbah.

Selama berjuang bersama Rasulullah dalam menegakkan ajaran Islam, beliau pernah ikut dalam perang Badr. Beliau termasuk diantara pembesar amir-amir dari kalangan sahabat. Pada waktu umat Islam berhijrah ke Madinah, beliau pernah menjadi imam sholat untuk kaum Muhajirin pertama di masjid Quba.

Mengenai keteguhan imannya dan kepandiannya dalam al-Qu’ran, Rasulullah pernah berwasiat kepada umat Islam untuk belajar darinya. Sabda Rasulullah; “Ambillah dan belajarlah al-Qur’an dari empat orang; Abdullah bin Mas’ud, Salim budak Abu Khudaifah, Abu bin Ka’ab dan Mu’adh bin Jabal.” Mengenai pribadinya Rasulullah pernah berkata; “Sesungguhnya Salim adalah orang yang sangt cinta kepad Allah, Azza wajalla.” Diantara orang yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah Tsabit bin Qis, Abdullah bin Amru dan lainnya.

Suatu hari ‘Asiyah, istri Rasulullah, berkata; “Saya menahan Rasulullah (untuk keluar rumah). Rasulullah merasa heran dengan sikapnya itu. Beliau bertanya; “Apa yang membuatmu menahanku? ‘Aisyah menjawab; “Saya mendengar orang sedang membaca al-Qur’an –dia tertegun dengan keindahan suaranya.” Cepat-cepat Rasulullah mengambil selendangnya dan keluar. Ternyata dilihatnya Salim budak Khudaifah. Rasulullah bersabda; “Alhamdulillah, Allah telah menjadikan dalam umatku orang seperti kamu.”(HR.Ahmad dan Hakim)

Pada waktu terjadi perang Yamamah (perang melawan nabi palsu), beliau membawa bendara kaum Muhajirin setelah Zaid bin Khottob gugur. Beliau berkata; “Alangkah buruknya orang yang pandai al-Qur’an sepertiku lari dari peperangan. Beliau pun pergi ke tengah-tengah pertempuran dengan berani. Dan setelah umat Islam tahu, beliau membuat lubang untuk dirinya. Mulailah beliau berperang dan bendera di tanggannya. Tanggan kanannya terputus oleh pedang. Giliran tanggan kirinya yang pegang bendera itu. Tanggan kirinya terputus juga. Kemudian bendera itu diikatkan dilehernya hingga akhirnya gugur di medan perang sebagai syahid tahun 11 Hijriah. Beliau dikuburkan bersama tuannya yang gugur juga dalam pertempuran itu. Mendengar kematiannya itu, Umar bin Khottob berkata; “Sekiranya Salim masih hidup, niscaya aku percayakan untuk meneruskan khilafah ini setelahku.”

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger