Home » , » BBC Terancam Diboikot

BBC Terancam Diboikot

Sejumlah aktor dan sutradara di Inggris mengancam akan memboikot BBC jika salah satu stasiun televisi terbesar di dunia itu tetap pada keputusannya untuk tidak menayangkan iklan penggalangan dana untuk masyarakat Gaza.

Seperti diberitakan, BBC pekan kemarin menolak menayangkan iklan yang digagas oleh Disasters Emergency Committee sebuah koalisi organisasi kemanusiaan antara lain Oxfam, Palang Merah Inggris dan Islamic Aid untuk penggalangan dana bagi warga Gaza yang menjadi korban serangan brutal Israel.

"Kami tidak akan pernah mau bekerja untuk BBC lagi kecuali BBC mau mencabut keputusannya yang memalukan," kata Mark Thompson Direktur Umum BBC dalam surat terbukanya yang dimuat harian The Scotsman edisi Selasa (27/1.

Hal serupa diungkapkan oleh aktor Samantha Morton, salah satu orang yang menggagas aksi boikot terhadap BBC. Aktor Tam Dean Burn, Peter Mullan, Alison Peebles dan penulis terkenal Pauline Goldsmith juga menyatakan akan memboikot BBC.

Para aktor, sutradara dan penulis Inggris yang ikut menandatangani surat terbuka ancaman boikot terhadap BBC juga mengatakan tidak akan membayar biaya lisensi stasiun televisi BBC yang didanai oleh publik Inggris dan menyerukan rakyat Inggris untuk melakukan hal serupa.

"Inilah saatnya bagi rakyat Inggris untuk mengambil sikap dalam isu ini," demikian bagian isi surat terbuka mereka.

Setelah BBC menyatakan menolak menayangkan iklan penggalangan dana untuk Gaza, BBC menerima sekitar 21.000 komplain dari masyarakat dalam beberapa hari saja.Karena komplain tersebut, badan usaha pemerintah yang membawahi BBC, BBC Trust sudah memerintahkan agar keputusan tidak menayangkan iklan penggalangan dana untuk Gaza dikaji ulang dan BBC Trust akan mengumumkan hasil kajiannya yang kemungkinan besar akan menerima penayangan iklan tersebut.

Kritik terhadap sikap BBC yang parsial juga disampaikan oleh sejumlah anggota parlemen Inggris. Lebih dari 100 anggota parlemen Inggris juga membuat mosi yang isinya mengkritik BBC dan Sky News yang menolak menyiarkan iklan penggalangan dana untuk warga Gaza. Kritik serupa juga dilontarkan keuskupan Church of England, sejumlah penulis editorial dan para menteri senior Inggris.

Aksi protes juga berlangsung di depan kantor pusat BBC di London dan Glasgow hari Senin kemarin. Para pengunjuk rasa membakar kartu lisensi televisi mereka dan melakukan aksi duduk di depan kantor tersebut.

Kebijakan BBC dalam menyiarkan liputan konflik di Timur Tengah, selama ini memang sering menimbulkan kontroversi di kalangan komentator di negeri itu. Tahun 2006, jajaran gubernur BBC dalam laporannya mengatakan bahwa liputan-liputan BBC tentang konflik Israel-Palestina "tidak konsisten dan menyesatkan". BBC dinilai gagal menyakikan laporan yang berimbang tentang penderitaan rakyat Palestina yang hidup dibawah penjajahan rezim Zionis Israel. (ln/iol)

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger