Home » » Shuhaib ar-Rumy

Shuhaib ar-Rumy

Nama lengkapnya Shuhaib bin Sanan bin Malik. Beliau dikenal dengan nama Shuhaib ar-Rumy. Lahir di Mosul tiga puluh tahun sebelum Hijriah. Ayahnya seorang amir/penguasa di Ubullah di bawah naungan raja Persia, Kisro. Beliau aslinya keturunan Arab asli meskipun namanya ditempeli ar-Rumy (Rum).

Ayahnya, Sinan bin Malik an-Numairy, berasal dari bani Numair. Ibunya berasal dari bani At-Tamimy. Ceritanya, 20 tahun sebelum kenabian Muhammad, ayahnya dipercaya untuk menjadi penguasa di Ubullah, sebuah kota kuno masuk kawasan Basrah, pada masa raja Kisro, Persia. Shuhaib adalah anaknya yang paling disayangi. Wajahnya ganteng. Rambutnya agak warna merah. Sejak kecilnya memang sudah nampak anak pintar.

Masa kecilnya dihabiskan bersama ibunya bersama pembantu-pembantunya di kampung at-Tsaniya, Irak. Suatu saat kampung itu diserang oleh pasukan Rum. Para pengawalnya mati, harta bendanya disita habis-habisan dan yang masih hidup ditawan. Diantara orang yang ditawan Shuhaib. Beliau dijual di pasar budak-budak di negeri Rum.

Akhirnya beliau menjadi budak kepada Abdullah bin Jad’an, seorang orang kaya di Mekkah. Sebelumnya memang beliau menghabiskan masa kecilnya di Persia dan belajar bahasanya. Selama beliau bersama Abdullah, tuannya itu merasa heran dengan kecerdasan dan kepintarannya. Juga beliau sangat ikhlas dalam bekerja. Hingga akhirnya beliau dimerdekakan. Suatu hari setelah pulang dari perjalanan, beliau mendengar bahwa ada seorang nabi diutus yang mengajarkan iman kepada Allah, Tuhan Esa, keadilan dan kebaikan. Beliau diberitahu bahwa nabi itu mengajarkan ajaran Islam di rumah ar-Arqom. Setelah mendengar langsung apa yang diajarkan Rasulullah, beliau dengan ikhlas berikrar masuk Islam bersam Ammar bin Yasir.

Pada saat beliau keluar dari Mekkah untuk berhijrah, orang-orang muysrik tahu kemana beliau jalan. Beliau ditangkap dan disiksa. Semua hartanya habis. Setelah sampai di Madinah, Rasulullah berkata, “Akan beruntung dagangan Abu Yahya, akan beruntung fagangan Abu Yahya.” Maka turunlah firman Allah, “Diantara manusia ada rela menjual jiwa karena mengharapkan ridho Allah…”(QS.al-Baqoroh;208)

Untuk mengeratkan ukhuwah Islamiyah antara para sahabat, Rasulullah mengenalkan beliau dengan al-Harits bin as-Shummah. Selama berjuang menyebarkan ajaran Islam bersama Rasulullah, beliau ikut dalam semua peperangan. Di kalangan bangsa Arab beliau dikenal sebagai ahli pemanah.

Suatu hari beliau matanya sakit sehingga tidak mampu melihat dengan jelas. Kemudian Rasulullah melihatnya sedang makan tamar/kurma. Rasulullah berkata; “Bagimana kamu boleh makan sementara matamu sakit?” Shuhaib menjawab, “Saya dapat makan dengan sebelah matanya,wahai Rasulullah.” Mendengar jawabannya itu Rasulullah tertawa hingga terlihat giginya. Sebelum Umar bin Khotton wafat beliau menasihatkan agar beliau mensholatinya.

Selama hidup bersama Rasulullah, beliau telah meriwayatkan kurang lebih 308 hadits. Diantara hadits riwayatnya, Rasulullah bersabda; “Alangkah hebatnya urusan orang mukmin. Semua urusannya memberi kebaikan dan itu tidak didapati orang lain. Jika diberi nikmat bersyukur dan jika ditimpa musibah tidak mengeluh.

Beliau wafat pada tahun 38 Hijriah di Madinah.

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger