Home » » Sa’ad bin ar-Robi’

Sa’ad bin ar-Robi’

Nama lengkapnya Sa’ad bin ar-Robi; bin Amru bin Abu Zahir. Salah seorang ketua dari 12 orang yang memimpin pembaitan Rasulullah di Aqobah kedua.

Selama hidupnya bersama Rasulullah, beliau ikut dalam pembaitan, perang Badr dan Uhud. Rasulullah pernah mempekenalkan dengan Abdurrahman bin ‘Auf. Beliau berkata kepada teman barunya itu;” Saya adalah orang yang paling kaya di Madinah. Coba lihat sebagian hartaku, dan ambillah. Dan saya punya dua istri. Coba lihat mana yang diantara dua yang menarik bagimu hingga saya ceraikan. Kalau masah iddahnya sudah habis, silahkan kamu nikahi dia.” Mendegar ucapan itu, apa jawaban Abdurrahman bin Auf; “Semoga Allah memberikan keberkahan padamu, keluarga dan hartamu. Maaf, tapi tunjukkan saya jalan ke pasar.

Pada waktu perang Uhud, Rasulullah bertanya; “Siapa diantara kalian melihatku apa yang telah dilakukan Sa’ad bin ar-Robi’? pada waktu dia masih hidup atau sudah meninggal? Seorang laki-laki menjawab; “Saya wahai Rasul (pendapat mengatakan dia adalah Muhammad bin Salamah. Pendapat lain; Abu bin Ka’an) melihat engkau apa yang dilakukan Sa’ad…..

Beliau wafat pada perang Uhud tahun 3 Hijriah setelah menahan sakit akibat luka parah yang dideritanya.

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger