Home » » an-Nu’man bin Muqarrin

an-Nu’man bin Muqarrin

…Diantara rumah-rumah iman itu adalah rumahnya Ibn Muqorrin (Ibn Mas’ud)

Nama sebenarnya Nu’man bun Muqrin. Biasa dipanggil Abu ‘Amru. Beliau mempunyai sepuluh orang saudara. Semuanya masuk Islam. Pada waktu penaklukan Mekkah, beliau memegang bendera perang yang berhias.

Pernah diutus Sa’ad bin Abu Waqos untuk berperang melawan al-Harmazan, raja Persia. Beliaupun bergegas menuju ke Kuffah, lalu bergerak menuju al-Ahwaz. Raja Persia dapat dikalahkan. Setelah itu beliau pergi ke Tastar untuk mentaklukan daerah ini. Tastar pun dapat ditaklukan. Akhirnya beliau balik ke Madinah setelah mendengar kabar gembira tentang penaklukan Qodisiah.

Suatu hari kholifah Umar bin Khottob masuk masjid. Terlihat Nu’man sedang berada di dalam masjid. Umar kemudian duduk di sebelahnya hingga beliau selesai sholat. Umar berkata; “Sebetulnya saya ingin menyuruhmu untuk…” Dengan cepat beliau menjawab keinginannya; “Bukan untuk mengupulkan zakat, tapi untuk berperang kan?” Umar berkata; “Iya, kamu berperang.” Waktu itu terdengar kabar bahwa penduduk Asbahan, Hamdan, Ray, Azarbaijan dan Nahawan telah berkumpul untuk melakukan serangan. Maka umar pun mempercayakan beliau untuk memimpin peperangan itu sehingga rasa gelisah dan cemasa itu hilang.

Setelah melakukan persiapan yang matang, beliau keluar menuju Kuffah untuk menyerang penduduk Asbahan. Perang antara kelompok beliau dengan penduduk Asbahan pun berlangsung. Penduduk Asbahan dapat dikalahkan. Setelah itu beliau pergi menuju Nahawan. Sesampainya di sana, beliau berdo’a; “Ya Allah, berilah Nu’man kesempatan untuk melihat kemenangan umat Islam. Dan menangkanlah mereka.” Do’anya itu diamini oleh umat Islam. Setelah itu beliau berkata kepada umat Islam; “Jika aku pukul bendera itu tiga kali, maka hitungan ketiga kalian menyerang.” Setelah itu beliau pukulkan bendera itu tiga kali. Umat Islam mulai menyerang. Hingg akhirnya penduduk Nahawan dapat ditaklukan. Dalam perang ini beliau menghembuskan nafas terakhir sebagai syahid. Perang ini terjadi pada tahun 21 Hijriah. Do’a beliau dikabulkan oleh Allah.

Mengenai pribadinya, Ibn Mas’ud berkata; “Sesungguhnya iman itu mempunyai rumah dan kemunafikan juga mempunyai rumah. Diantara rumah-rumah iman itu adalah rumahnya Ibn Muqorrin.” Selama hidup berjuang bersama Rasulullah dalam menegakkan ajaran Islam, beliau telah meriwayatkan kurang lebih 6 hadits. Diantara riwayat haditsnya itu; dari Rasulullah, beliau berkata; “Saya menyaksikan bahwa Rasulullah jika tidak berperang pada awal siang, beliau mengakhirkan perang itu hingga matahari tergelincir, angin berhembus dan turunlah kemenangan.”(HR.Abu Daud, Tirmidhi)

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger