Home » » Khobib bin ‘Adway

Khobib bin ‘Adway

…Aku tidak peduli ketika diriku terbunuh dalam keadaan muslim

Nama lengkapnya Khobib bin ‘Adway bin Malik bin ‘Amir bin Majda’ah al-Anshory al-Ausy. Tidak banyak buku yang menceritakan tentang beliau. Namun demikian perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam patut menjadi teladan. Betapa beliau sangat sabar dengan segala cobaan dan ujian yang dideritanya.

Selama berjuang bersama Rasulullah, beliau pernah ikut dalam perang Badr. Suatu ketika Rasulullah mengutus beliau bersama sepuluh sahabat yang lain dalam misi khusus yaitu ‘bi’tsah ar-roji’. Tujuan dari pengutusan ini adalah untuk mengajarkan kepada kaum ‘Adhol tentang ajaran Islam. Ketika rombongan sudah sampai di suatu tempat antara ‘Asfan dan Makkah, kelompok Bani Hayyan dari kabilah Huzail tahu perjalanan mereka. Akhirnya mereka diserang. Delapan dari utusan Rasulullah itu terbunuh dalam serangan itu. Hanya Khobib dan Zaid bin ad-Ditsanah yang diselamatkan. Keduanya dijual kepada seorang musyrik Quraisy yang pernah menyiksa Zaid hingga mati.

Setelah itu Khobib meminta kepada kelompok itu untuk melakukan sholat dua rakaat. Kelompok itu pun membiarkan Khobib sholat dengan harapan beliau kembali ke jalan kufur. Beliau pun sholat. Setelah itu beliau berkata kepada mereka; “Demi Allah, sekiranya kalian mengira bahwa aku adalah termasuk yang akan mati, niscaya sholatku ditambah. Beliau pun berdo’a: “Ya Allah cerai-beraikan mereka dan bunuh mereka dengan pelbagai cara.”

Kemudian beliau membaca syair;

“Aku tidak peduli ketika diriku terbunuh dalam keadaan muslim, dengan cara apapun jalan matiku kepada Allah, “Bagi Tuhan itu adalah mudah, jika berkehendak niscaya memberkahi apa yang….

Selesai membaca syair itu, mereka menyalib beliau. Mereka bertanya; “Apakah kamu ingin Muhammad mengantikan tempat ini dan kamu selamat dan kembali ke keluarga sehat wal afiat? Beliau menjawab; “Demi Allah, saya tidak ingin istri dan anakku bersama ku dalam kebendaan dan kenikmatanya kemudian Rasulullah tertimpa musibah.” Mengenai pribadinya, Abu Sufyan berkata; “Demi Allah, saya belum pernah melihat orang mencinta orang lain seperti cintanya sahabat Rasul kepada Rasul.” Mendengar ucapan beliau, mereka ingin segera menusukkan anak panahnya hingga mati. Akhirnya beliau wafat pada bulan Safar tahun 4 Hijriah. Rasulullah mengutus al-Miqdad bin Amru dan az-Zubair untuk mengkubur mayatnya. Hanya saja, kuburannya hingga sekarang tidak diketahui pasti letaknya.

Dengan demikian, beliau adalah orang pertama yang disalib oleh orang kafir dalam sejarah perjuangan Islam. Begitu juga beliau juga orang pertama yang melakukan solat sunnah sebelum perang.

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger