Home » » Abu Salmah

Abu Salmah

Nama lengkapanya Abdullah bin Abdul Asad bin Hilal al-Makhzumy al-Qursy. Biasanya dipanggil Abu Salamah. Ibunya bernama Barah binti Abdul Muhtolib, bibi Rasulullah. Beliau adalah saudara Rasulullah dan Hamzah dalam satu susuan.

Mengenai keislamannya, beliau termasuk orang yang masuk Islam pada awal-awal kehahiran Islam. Sesuai dengan urutan orang masuk Islam pertama, beliau nomer ke-11. Banyak sekali ujian dan cobaan setelah menyatakan diri masuk Islam. Tapi dihadapinya dengan penuh kesabaran. Suatu ketika orang-orang Quraisy menyiksanya, beliau lari minta perlindungan ke pamannya, Abu Tholib. Pamanya melarang untuk menyiksanya. Dengan lantang berkata; “Saya larang anak saudara perempuanku sebagaimana saya larang anak saudaraku (maksudnya Rasulullah).

Dalam sejarah perkembangan Islam, beliau adalah termasuk orang pertama yang berhijrah ke Habasyah (Ethopia) dan Madinah. Pada waktu hijrah Habasyah, beliau ikut berhijrah pertama dan kedua bersama istrinya, Ummu Salamah.

Rasulullah pernah meminta beliau untuk memimpin Madinah pada waktu Rasulullah pergi perang di peperangan al-‘Asyirah, tahun 2 Hijriah. Begitu juga beliau pernah diutus ke suatu peperangan yang tidak diikuti Rasulullah (sirriyah). Setelah kembali, beliau mengalami luka parah hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Rasulullah hadir ketika diberitahu bahwa Abu Salamah wafat. Bahkan sempat menutup mata Abu Salamah dengan tanggannya. Beliau wafat pada tahun tiga Hijriah.

Setelah habis masa iddah, Rasulullah menikahi istri Abu Salam, Ummu Salamah. Hingga kemudian menjadi Ummul mukminin (ibunya kaum muslim). Putra-putra Abu Salamah; Umar, Salamag, Zaenab dan Durrah diasuh dan dididik oleh Rasulullah.

Share this article :

No comments:

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Selamat Datang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger